Assalamualaikum,,,sobat - sobat....
kali ini saya akan berbagi sedikit info tentang Microsoft Office,,,,
...hmm,.,.,Langsung aja nii,,,,materinya,,,
silakan di baca ya...
kali ini saya akan berbagi sedikit info tentang Microsoft Office,,,,
...hmm,.,.,Langsung aja nii,,,,materinya,,,
silakan di baca ya...
1. Title Bar
Title bar adalah bagian yang berisi nama dokumen yang sedang aktif / diketik.
Title bar adalah bagian yang berisi nama dokumen yang sedang aktif / diketik.
Ribbon adalah suatu cara baru untuk
mengelompokkan menu dalam toolbar. Dengan fasilitas ini pemakai tidak lagi
direpotkan dengan bermacam-macam menu berbasis teks karena menu-menu
dikelompokkan pada toolbar berupa ikon-ikon cantik dan canggih.
3 2. Office
Button
Office Button adalah sebuah tombol di pojok kiri atas yang berisi beberapa menu New,
Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send,
Publish dan Close.
- New digunakan untuk membuat dokumen baru.
- Open adalah menu yang digunakan untuk membuka file.
- Save digunakan untuk menyimpan file. Save As adalah menu yang digunakan untuk menyimpan file sebagai file baru.
- Prepare adalah menu yang digunakan untuk menyiapkan file untuk di distribusikan.
- Send adalah menu yang digunakan untuk mengirim salinan dokumen ke orang lain.
- Print digunakan untuk melakukan printing.
- Publish adalah menu yang digunakan untuk dipublikasikan atau di-share kepada orang lain.
- Close digunakan untuk menutup file atau dokumen yang terbuka. Word Options adalah tool yang digunakan untuk mengatur banyak spesifikasi dalam Microsoft Word 2007. Di bawah ini akan ditunjukan kotak dialog pada tool tersebut.
- Exit Word adalah tool yang digunakan untuk keluar dari Microsoft Word 2007.
4 3. Zoom adalah bagian fasilitas untuk mengatur
media tampilan halaman kerja. Tombol plus untuk memperbesar dan tombol minus
sebaliknya.
5 4. Baris Penggulung(scroll) adalah bagian
fasilitas untuk menggulung halaman kerja secara horisontal dan vertikal
a.
Scroll Vertikal adalah scroll yang berfungsi
menggulung lembar kerja dari atas ke bawah.
b.
Scroll Horizontal adalah scroll yang berfungsi
menggulung lembar kerja dari kanan ke kiri.
6 5. Halaman Kerja adalah media kerja berwarna
putih yang tampak pada saat Microsoft Word 2007 diaktifkan.
Fungsi Menu Home, terdiri dari :
a a. Clipboard terdiri dari icon :
-
Paste berfungsi untuk menempelkan hasil copy atau cut
-
Cut berfungsi untuk memotong teks atau objek yang dipilih
-
Copy berfungsi untuk memotong teks atau objek yang dipilih
-
Format painter digunakan untuk meniru format halaman dokumen kedalam dokumen
b b. Font, terdiri dari:
-
Font untuk memilih jenis huruf
-
Font size untuk mengatur ukuran huruf
-
Grow font untuk mmemperbesar ukuran huruf secara instan
-
Shrink font untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
-
Change case untuk mengubah status huruf capitalatau huruf kecil
KLik Judulnya yaa.??!
Biar dapat yang lebih lengkap......... :)
Atau juga bisa Langsung Download aja Materinya di http://www.4shared.com/file/3D4HYbjBce/Menu_toolbar_Microsoft_Office.html
KLik Judulnya yaa.??!
Biar dapat yang lebih lengkap......... :)
Atau juga bisa Langsung Download aja Materinya di http://www.4shared.com/file/3D4HYbjBce/Menu_toolbar_Microsoft_Office.html
-
Clear formatting untuk menghapus pemformatan teks terpilih
-
Bold untuk menebalkan teks terpilih
-
Italic untuk memiringkam teks terpilih
-
Underline untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
-
Strikethrough untuk memberikan tanda coret pada teks terpilih
-
Subscript untuk mengetik karakter pemangkatan
-
Superscript untuk mengetik karakter pemangkatan
-
Font color untuk mengatur warna teks terpilih
-
Text highlight color untuk memberikan warna stabilo dibelakang teks terpilih
c. Paragraph
-
Bullets untuk memberikan tanda bullets di tiap paragraph terpilih
-
Numbering untuk memberikan format penomoran ditiap paragraph terpilih
-
Decrease indent untuk menggeser baris kedua paragraph kekiri
-
Increase indent untuk menggeser baris kedua kekanan
-
Align text left untuk mengatur text rata kekiri
-
Center untuk mengatur text rata tengah
-
Align text right untuk mengatur teks rata ke kanan
-
Justify untuk mengatur text rata kanan-kiri
-
Sort untuk menyortir data
-
Show paragraph marks untuk menanpilkan atau menyembunyikan tanda koreksi
paragraph
-
Line spacing untuk mengatur jarak antar baris teks
-
Shading untuk mengatur warna latar teks terpilih
-
Border untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih
d d. Styles
-
Change styles berisi pilihan pengaturan tema paragraph
e e. Editing
-
Find untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
- f. Replace untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan
kata tertentu dalam suatu file.
-
Select untuk memilih objek atau teks tertentu didalam suatu file
2. Fungsi Menu Insert
terdiri dari :
a a. Pages
-
Cover pages fungsinya menyisipkan bentuk halaman sampul seperti judul,
namapengarang, tanggal dan informasi lain
-
Blank page fungsinya menyisipkan suatu halaman kosong yang baru
-
Page break fungsinya menyisipkan tanda batas halaman
b b. Tables
-
Table fungsinya menyispkan table kedalam dokumen
c c. Illustrations
-
Picture fungsinya memasukkan sebuah gambar kedalam dokumen. Gambar tersebut
bias kita ambil dari file-file kita
-
Clip art fungsinya memasukkan sebuah gambar clip art
-
Shapes fungsinya memasukkan suatu gambar bangun sederhana yang sudah jadi
seperti kotak, lingkaran, garis
-
Smartart fungsinya menampilkan bagan atau diagram pada lembar kerja anda,
seperti diagram venn dan organization chart
-
Chart fungsinya menampilkan chart wizard untuk pembuatan grafik
d d. Links
- Hyperlink
sebagai penghubung suatu dokumen dengan dokumen yang lain dengan menggunakan
fasilita internet
-
Bookmark untuk membuat suatu petunjuk halaman buku
-
Cross-reference fungsinya memperbaharui dokumen secara otomatis
e e. Header & footer
-
Header fungsinya membuat judul di bagian atas
-
Footer fungsinya membuat judul dibagian bawah
-
Page number fungsinya menyisipkan nomer halaman pada dokumen
f f. Text
-
Text box fungsinya menggambar kotak dengan teks didalamnya
-
Quick parts fungsinya menyisipkan potongan isi, mencakup dokumen property
bidang judul atau pengarang
-
Wordart fungsinya membuat gambar dengan aneka seni teks
-
Date & time fungsinya memasukkan tanggal dan waktu kedalam dokumen kita
-
Signature e line fungsinya memasukkan atau menyisipkan suatu tanda tangan. Ikon
ini membutuhkan suatu data orang yang memiliki tanda tangan tersebut seperti
micrisoft mitra bersertifikat
-
Drop cap fungsinya membuat huruf pertama dari suatu paragraph didokumen menjadi
lebih besar supaya kelihatan menarik
-
Object fungsinya menempelkan atau memformat sebuah objek
g g. Symbols
-
Equation berfungsi membuat suatu karakter suatu rumus matematika, fisika, kimia
dan statistika
-
Symbol fungsinya menyisipkan sebuah symbol
3. Fungsi Menu Tab Page Layout terdiri dari :
a a. Themes
-
Color berfungsi untuk mengatur warna tema halaman
-
Fonts berfungsi untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman
dokumen yang aktif
-
Effects berfungsi untuk mengatur tema efek terhadap objek shape yang terdapat
di halaman dokumen
-
Themes berfungsi untuk memilih tema yang meliputi warna halaman berikut warna
hurufnya
b b. Page Setup
-
Margins berfungsi untuk mengatur batas teks pada dokumen
-
Orientation berfungsi untuk mengatur posisi halaman
-
Size berfungsi untuk mengatur ukuran halaman
-
Colums berfungsi untuk mengatur jumlah kolom teks pada halaman dokumen
-
Break berfungsi untuk mengatur kontunuitas halaman maupun kolom teks
-
Line Numbers berfungsi untuk mengatur kontunuitas nomor baris teks
-
Hyphenation berfungsi untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara
otomatis
c c. Page Background
-
Watermak berfungsi untuk memberikan efek air di belakan teks
-
Page Color berfungsi untuk mengatur warna latar halaman
-
Page Borders berfungsi untuk mengatur garis tepi halaman
d d. Paragraph
-
Indent berfungsi untuk mengatur batas teks
-
Spacing berfungsi untuk mengatur jarak antara paragraph
e e. Arrange
-
Position berfungsi untuk mengatur posisi objek dalam suatu halaman
-
Bring to Front berfungsi untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya
-
Send to Back berfungsi untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya
-
Text Wrapping berfungsi untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan
paragraph text
-
Align berfungsi untuk mengatur posisi objek lepas
-
Group berfungsi untuk mengelompokkan beberaoa objek menjadi satu
-
Rotate berfungsi untuk memutar dan membalik objek yang terpilih
4. Fungsi menu
References terdiri dari :
a. Table of Contents
-
Table of Contents berfungsi untuk mengelolah daftar isi
-
Add Text berfungsi untuk mengelolah paragraph terpilih dalam kaitannya sebagai
entri dalam daftar isi yang sudah dibuat
-
Update Table berfungsi untuk memperbaharui daftar isi
b b. Footnotes
-
Insert Footnote berfungsi untuk menyisipkan catatan pada bagian bawah halaman
atau footer
-
Inset Endnote berfungsi untuk menyisipkan catatan di akhir bab
-
Next Footnote berfungsi untuk memantau footnote dan endnote
-
Show Notes berfungsi untuk menampilkan lokasi catatan footnote atau endnote
c c. Citations &
Bibliography
-
-
Insert Citation berfungsi untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor
aktif
-
Manage Sources berfungsi untuk mengelolah seluruh sumber kutipan yang mungkin
sudah di sisipkan disemua segmen file dokumen
-
Style berfungsi untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan
-
Bibliography berfungsi untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen
yang aktif.
d d. Caption
-
-
Insert Caption berfungsi untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau
gambar yang sudah disisipkan
-
Insert Table of Figures berfungsi untuk menyisipkan daftar isi gambar yang
disisipkan ke dalam dokumen
-
Update Table berfungsi untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar
-
Cross-reference berfungsi untuk menyisipkan referensi silang
e e. Index
-
Mark Entry berfungsi untuk menandai masukan baru dalam dokumen
-
Insert Index berfungsi untuk menyisipkan daftar kata (index) ke dalam dokumen
-
Update index berfungsi untuk memperbarui daftar index terkini
f. f. Table of
Authorities
-
Mark Citation berfungsi untuk menandai kutipan
-
Insert Table of Authorities berfungsi untuk membuat daftar kutipan
-
Update Table berfungsi untuk memperbaharui daftar kutipan
5. Fungsi menu mailings
terdiri dari :
a a. Create
-
Envelopes di gunakan untuk membuat sampul pada amplop
-
Labels di gunakan untuk menuliskan alamat dan nama
b b. Start Mail Marge
-
Start Mail Marge di gunakan untuk membuat surat
-
Select Recipient di gunakan untuk memilih penerima surat
-
Edit Recepient list di gunakan untuk mengatur penerima surat
c c. Write & Insert Fields
-
Highlight Merge Fields di gunakan Untuk menyisipkan dokumen
- Address Block di gunakan Untuk pemilihan
alamat surat
- Greeting Line di gunakan untuk menambahkan
baris ucapan
- Insert Marge Fields di gunakan Untuk
menyisipkan dan menggabungkan surat
-
Rules di gunakan Untuk memberikan garis dalam surat
-
Match Fields di gunakan Untuk Membandingkan surat
-
Update Labels : Di gunakan Untuk memperbaharui label surat
d d. Preview result
-
Preview result di gunakan untuk melihat hasil
-
Find Recipient : Di gunakan untuk mencari penerima
-
Auto Check For Error : Di gunakan untuk memeriksa kesalahan secara otomatis
e e. Finish
-
Finish &Merge : Selesai menggunakan fasilitas Mailings
6. Fungsi menu Review
terdiri dari :
a a. Proofing
-
Spelling & Grammar digunakan untuk Memeriksa ejaan teks
-
Research digunakan untuk Membuka panel penelitian referensi
-
Thesaurus digunakan untuk Saran kata yang sepadan
-
Translate digunakan untuk Menerjemahkan kata ke bahasa lain
-
Translation Screen Tip digunakan untuk Memungkinkan suatuscreen tip
menerjemahkan ke dalam bahasa lain pada kata di kursor yang berhenti
-
Set Language digunakan untuk Mengatur bahasa dengan mengecek dulu ejaan dan
tata bahasa yang terpilih
-
Word Count digunakan untuk Menemukan banyak kata, paragra, dan kalimat di dalam
document
b b. Comments
-
New Comment digunakan untuk Memasukkan komentar baru
-
Delete digunakan untuk Menghapus komentar
-
Previous digunakan untuk Memperlihatkan komentar sebelumnya
-
Next digunakan untuk Memperlihatkan komentar selanjutnya
c c. Tracking
-
Track Changes digunakan untuk Menelusuri perubahan yang terjadi pada dokumen
-
Balloons digunakan untuk memilih atau melihat hasil kerja yang telah direvisi
-
Display For Review digunakan untuk Memilih bagaimana memandang perubahan yang
di usulkan pada dokumen
-
Show Markup digunakan untuk Memilih markup seperti apa untuk menunjukkan
dokumen
-
Reviewing Pane digunakan untuk Menunjukkan suatu revisi pada jendela yang
terpisah
d d. Changes
-
Acceptp And Move To Next digunakan untuk menerima perubahan baru dan
mengusulkan perubahan selanjutnya
-
Reject And Move To Next digunakan untuk menolak perubahan baru dan mengusulkan
perubahan selanjutnya
-
Previous Change digunakan untuk Menampilkan revisi sebelumnya di dalam dokumen
sehingga dapat menerima/menolak
-
Next Change digunakan untuk Menampilkan dokumen yang dapat diterima/ditolak
e e. Compare
-
Compare digunakan untuk mengkombinasikan berbagai versi dari document
-
Show Source Documents digunakan untuk Menunjukkan sumber dokumen yang terpilih
f. Protect
-
Protect Document digunakan untuk untuk melindungi hasil kerja karena merupakan
sebuah privasi
Fungsi menu Tab
View, terdiri dari :
a. Document Views
- Print layout digunakan untuk melihat hasil kerja yang akan di cetak
- Full screen reading digunakan
untuk untuk melihat dan membaca hasil kerja dengan ukuran maksimal
- Web layout digunakan untuk melihat hasil kerja di web
- Outline view digunakan untuk untuk
melihat hasil kerja sesuai dengan urutan atau bagan
- Draft view digunakan untuk melihat
hasil kerja sesui dengan konsep, sehingga jika salah cepat dibenarkannya
b. Show/Hide
-
Ruler fungsinya untuk menampilkan penggaris yang digunakan untuk mengukur objek
dalam dokumen
-
Gridlines untuk menghidupkan gridlines yang dapat menyelaraskan objek dalam
dokumen
-
Message Bar fungsinya untuk membuka tab pesan untuk menyelesaikan tindakan yang
diperlukan pada dokumen
-
Document map untuk membuka peta dokumen yang memungkinkan anda untuk menavigasi
melalui pandangan structural pada dukumen
-
Thumbnails untuk menavigasi dokumen yang panjang melalui gambar kecil dari
setiap halaman
c. Zoom
-
Zoom digunakan untuk Memperbesar tampilan
-
100% digunakan untuk memperbesar hasil lembar kerja ke ukuran normal
-
One Page digunakan untuk melihat hasil lembar kerja ke dalam satu halaman penuh
-
Two Page digunakan untuk melihat hasil lembar kerja ke dalam dua halaman penuh
-
Page Width digunakan untuk melihat hasil lembar kerja sesuai dengan lebar
halaman
d. Window
-
New Window digunakan untuk Membuka jendela baru yang memperlihatkan
dokumenTersebut
-
Arrange All digunakan untuk Mengatur semua jendela program sejajar berdampingan
-
Split Window digunakan untuk Membagi jendela menjadi beberapa penel yang
memperlihatkan lembar kerja Anda
-
View Side By Side digunakan untuk Memperlihatkan jendela berdampingan
-
Synchronous Scrolling digunakan untuk Membuat dua jendela menggulung bersamaan
-
Reset Window Position digunakan untuk Menset ulang posisi jendela berdampingan
-
Switch window fungsinya mengalihkan sebuah bermacam termaksud membuka jendela
e.
Macros untuk merekam sebuah macro atau menerima pengaturan makro lainnya
Cara menggunakan icon-icon diatas yaitu
dengan mengklik saja apa yang ingin kita gunakan.
0 comments:
Posting Komentar